Glossary Bina Investasi Infrastruktur

No Judul Glossary Jenis Isi Glossary
1 Liberalisasi Perdagangan Pasar dan Investasi Liberalisasi Perdagangan adalah pengaturan perdagangan bersama untuk efisiensi dan persaingan yang sehat.
2 Gross National Product (GNP) Pasar dan Investasi Gross National Product (GNP) adalah merupakan indikator statistik ekonomi meliputi GDP ditambah semua pendapatan yang diperoleh warga negara tersebut atas investasi luar negerinya, dikurangi pendapatan dihasilkan warga negara asing atas investasi didalam negeri.
3 Gross Domestic Product (GDP) Pasar dan Investasi Gross Domestic Product (GDP) adalah nilai uang atau nilai moneter semua barang-barang serta jasa yang dihasilkan oleh suatu negara pada suatu periode tertentu.
4 Debt to Equity Ratio (DER) Pasar dan Investasi Debt to Equity Ratio (DER) adalah dihitung dengan membagi total utang dengan total ekuitas, untuk mengukur besarnya utang yang digunakan perusahaan terhadap jumlah modal sendiri.
5 Return on Equity (ROE) Sumber Daya Material Return on Equity (ROE) adalah dihitung dengan membagi laba bersih dengan total ekuitas, untuk mengukur imbal hasil atas modal yang disetor.
6 Return on Investment (ROI) Pasar dan Investasi Return on Investment (ROI) adalah keuntungan atau kerugian yang timbul dari kegiatan investasi dan ditampilkan dalam persentase.
7 Return on Asset (ROA) Pasar dan Investasi Return on Asset (ROA) adalah dihitung dengan membagi laba bersih dengan total aktiva perusahaan dan ditampilkan dalam persentase. 
8 Return Pasar dan Investasi Return adalah keuntungan maupun kerugian yang diperoleh dalam investasi pada suatu periode tertentu.
9 Perusahaan Publik Umum Perusahaan Publik adalah perseroan yang saham telah dimiliki sekurang-kurangnya oleh 300 pemegang saham dan memiliki modal disetor sekurang-kurangnya Rp. 3 milyar.
10 Bapepam Umum Bapepam adalah lembaga pemerintah yang bertugas melakukan pembinaan, pengaturan dan pengawasan sehari-hari pasar modal dengan tujuan mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur, wajar, efisien, serta melindungi kepentingan masyarakat pemodal.
11 Sistem Pengelolaan Material dan Peralatan Konstruksi Sumber Daya Material dan Peralatan Sistem Pengelolaan Material dan Peralatan Konstruksi adalah suatu sistem yang merencanakan dan mengendalikan seluruh kegiatan untuk menjamin agar material dan peralatan konstruksi dapat diperoleh dalam jumlah yang tepat, sesuai dengan spesifikasi, dengan harga yang pantas dan tersedia pada saat dibutuhkan.
12 Bahan jadi Sumber Daya Material Bahan jadi antara lain : beton tiang pancang, beton tiang listrik, pipa beton, saluran beton, genteng keramik, ubin keramik, geotextile, dan lain-lain.
13 Bahan olahan Sumber Daya Material Bahan olahan antara lain : beton rdymix, asphalt mix, batu agregat, dan lain-lain.
14 Bahan baku Sumber Daya Material Bahan baku antara lain : semen, aspal, baja tulangan, baja konstruksi, batu, pasir, sirtu, tanah urug, dan lain-lain.
15 Material konstruksi Sumber Daya Material Material konstruksi, terdiri dari bahan baku, bahan olahan, dan bahan jadi.
16 Material Konstruksi Sumber Daya Material Material Konstruksi meliputi seluruh bahan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan bagian pekerjaan dalam satu kesatuan pekerjaan pada proses konstruksi.
17 Profil Infrastruktur Umum

Profil Infrastruktur adalah gambaran yang terbentuk/tersusun dari serangkaian data dan informasi yang menjelaskan tentang anatomi/kondisi satu atau lebih komponen infrastruktur di suatu wilayah´┐Ż untuk/pada periode tertentu.

18 Profil Umum Profil adalah gambaran yang terbentuk/tersusun dari serangkaian data dan informasi yang menjelaskan tentang anatomi/kondisi tentang sesuatu pada periode tertentu.
19 Infrastruktur dalam konteks pembangunan fisik Umum Infrastruktur dalam konteks pembangunan fisik, dipahami sebagai komponen-komponen tributari (yang sengaja dibangun, man made) untuk mendukung/mempermudah masyarakat terhadap akses mobilitas manusia, barang dan jasa, pemanfaatan dan pengendalian sumber daya air, akses dan mobilitas sumber daya energi, akse komunikasi, serta akses atas sarana dan prasarana permukiman/tempat tinggal.
20 Infrastruktur Umum Infrastruktur dipahami dalam arti luas sebagai instrumen yang bersifat tributari (sengaja dibangun, atributif/man made) untuk mempermudah aktifitas sosial, ekonomi dan ekologi manusia.